Jumat, 12 Maret 2010

Who Move My Cheese?

Bercerita tentang dua tikus. Mereka hidup dalam sebuah labirin yang sarat dengan keju.
Tikus A selalu berpikiran suatu hari kelak keju ditempat mereka tinggal akan habis. Karena itu, dia selalu menjaga stamina dan kesadarannya agar kalau keju disitu habis, dia dalam kondisi siap mencari keju ditempat lain. Sebaliknya tikus B, begitu yakin sampai kiamatpun persediaan keju tidak akan pernah habis.
Singkat cerita, suatu hari keju habis. Tikus A mengajak sahabatnya untuk meninggalkan tempat itu guna mencari keju di tempat lain. Sang sahabat menolak. Dia yakin keju iti hanya "dipindahkan" oleh seseorang dan nanti suatu hari pasti akan kembali. Karena itu tidak perlu mencari keju ditempat lain. Dia sudah merasa nyaman. Maka dia memutuskan menunggu terus ditempat itu sampai suatu hari keju yang hilang akan kembali. Apa yang terjadi?
Tikus itu menunggu dan menunggu sampai kemudian mati kelaparan. Sedangkan tikus A yang selalu siap tadi sudah menemukan labirin lain yang penuh keju. Bahkan jauh lebih banyak dibandingkan ditempat yang lama.
Kesimpulannya : Jangan sekali-kali kita merasa nyaman disuatu tempat sehingga lupa mengembangkan diri guna menghadapi perubahan dan tantangan yang lebih besar. Mereka yang tidak mau berubah dan merasa sudah nyaman disuatu posisi, biasanya akan mati digilas waktu...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar